Cari Blog Ini

SELAMAT DATANG SOBAT...

Salam...

Selama ini, statistika sering diidentikkan dengan bidang yang lumayan sulit. Kesulitan dalam mempelajari statistika dikarenakan bidang ini terkait langsung dengan matematika. Bidang ilmu yang ketika mendengar namanya saja kebanyakan kita sudah kebakaran jenggot.. hehehe..

Ditengah situasi seperti itulah blog ini hadir. blog ini berusaha untuk menjembatani orang-orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan statistik. Untuk lebih mempermudah analisis statistik, maka blog inipun memberikan panduan bagaimana melakukan analisis dengan menggunakan software SPSS.

Untuk lebih membuat blog ini lebih bermanfaat, sumbang saran dari pembaca sekalian sangat penulis harapkan dan kita akan sama-sama belajar... Ayo semangat!! Buat Indonesia melek dengan statistika.

Wassalam
Djunaidi L, Manado


Kamis, 29 Juli 2010

Varian dan Standar Deviasi

Salah seorang pembaca blog ini bertanya tentang maksud dari standar deviasi serta bagaimana mencari standar deviasi dari suatu kelompok data. Berangkat dari pertanyaan tersebutlah maka postingan tentang varian dan standar deviasi ini dibuat.

Berbicara tentang standar deviasi atau simpangan baku dalam bahasa Indonesia tidak bisa lepas dari varians. Hal ini karena standar deviasi adalah akar kuadrat dari varians atau sebaliknya, varians adalah kuadrat dari standar deviasi.

Salah satu ukuran variabilitas (measure of dispersion) yang paling sering digunakan jika data yang diukur berskala interval adalah varians. Varians didefinisikan sebagai rata-rata dari skor penyimpangan kuadrat. Untuk mencari varians, dibedakan antara varians populasi yang dilambangkan dengan (σ2) dengan varians sample yang dilambangkan dengan (s2).



Untuk varians populasi, dapat dicari dengan rumus:
Dimana:
µ = rata-rata populasi
N = total jumlah populasi
Adapun varians untuk sample dapat dicari dengan rumus yang sama namun mengurangkan N dengan 1 sebagai berikut:


Dimana :
s = rata-rata sample
n = jumlah sampel yang digunakan
untuk lebih memperjelas, baiklah kita coba dengan menghitung varians untuk populasi jika kita memiliki data pengukuran tentang nilai 5 siswa pada mata pelajaran matematika sebagai berikut:
7 7 9 8 6
Untuk menghitung varians dari data di atas maka kita harus mencari dahulu berapa mean (rata-rata) dari. Dengan rata-rata 6,9 maka kita tinggal memasukkan data di atas sebagai berikut:


Dengan varian sebesar 1,3 maka untuk mencari standar deviasi kita tinggal mengakar kuadratkan 1,3 yang akan menghasilkan 1,14. Karena varian adalah ukuran keberagaman data, maka semakin besar angkat varians maka semakin beragamlah data yang kita miliki dan semakin kecil nilai varians maka semakin homogenlah data yang kita miliki.
Nah, jika seandainya nilai varians yang kita miliki ternyata adalah 0, maka dapat disimpulkan bahwa dalam populasi atau sampel yang kita miliki tidak terdapat variabilitas. Keadaan demikian dapat terjadi jika sekor untuk setiap sampel/populasi adalah sama.

Selain rumus di atas, kita juga dapat menggunakan rumus-rumus lain untuk mencari varians. Pada dasarnya, pemilihan rumus yang digunakan tergantung pengguna yang merasakan rumus manakah yang paling mudah digunakan. Rumus-rumus yang lain tersebut diantaranya adalah:
Untuk varians sampel:



Share

15 komentar:

Oky Sanjaya, S.Pd.Gr. mengatakan...

makasih atas ilmunya

Anonim mengatakan...

nice post, tapi ada sedikit kesalahan editorial di penjelasan sebelum contoh mencari varian.

luqman mengatakan...

maaf saya kira ada kesalahan penulisan rumus varian. menurut beberapa buku klo tidak salah rumusnya kurang fi (frekuensi)

Anonim mengatakan...

mau nanya standar ukuran varian dikatakan besar atau kecil itu seperti apa ya ?

Dewi Mustika mengatakan...

makasih banyak, pas lagi perlu nih

Fuzy Restyani Suci (✽ˆ⌣ˆʃƪ ) mengatakan...

E.Kus
Alhamdulillah terima kasih ilmunya

Fuzy Restyani Suci (✽ˆ⌣ˆʃƪ ) mengatakan...

E.Kus
Alhamdulillah terima kasih ilmunya

Anonim mengatakan...

akhirnya dapet juga referensix.,., trimakasih ya ilmunya.,. sangat membantu sekali.,.,

Anonim mengatakan...

trima ksih atas pnjelasn.y..
tp sy ingin brta.y,, mengapa pada rumus varian populasi memakai simbol "µ" dan dibagi dgn "N" sj,, sedangkan rmus varian pada sample memakai simbol "X rata2" dn dibagi dengan "n-1"...???
mohon penjelasannya,, terima kasih :)

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Dika mengatakan...

hubungan antara nilai uji F dengan deviasi standar?

jika deviasi standar turun maka nilai F turun apa naik? mengapa?

Anddro mengatakan...

OKE?
Terima Kasihh atas Penjelasannya?

DCAja mengatakan...

makasih dan salam sehat selalu

Blogger mengatakan...

Ok...

What I'm going to tell you may sound kind of weird, and maybe even a little "supernatural"

BUT what if you could just hit "PLAY" and listen to a short, "miracle tone"...

And magically bring MORE MONEY into your LIFE???

And I'm talking about hundreds... even thousands of dollars!!!

Do you think it's too EASY??? Think something like this is not for real???

Well, I'll be the one to tell you the news...

Many times the greatest miracles in life are the EASIEST!!!

Honestly, I will provide you with PROOF by letting you listen to a REAL "magical money tone" I've synthesized...

You just press "PLAY" and you will start having more money come into your life.. starting pretty much right away..

TAP here NOW to experience this magical "Miracle Money Tone" - it's my gift to you!!!

Sakinahblogger. com mengatakan...

Izin bertanya, untuk mengetahui varians dari data tunggal itu termasuk varians populasi atau vatians sampel itu bagaimana ya? Dan untuk rumusa sampel besar kan n-1 itu yg dilihat dari banyak data atau dri angka data nya sehingga bisa dimasukkan rumus n-1?

Terimakasih