Cari Blog Ini

SELAMAT DATANG SOBAT...

Salam...

Selama ini, statistika sering diidentikkan dengan bidang yang lumayan sulit. Kesulitan dalam mempelajari statistika dikarenakan bidang ini terkait langsung dengan matematika. Bidang ilmu yang ketika mendengar namanya saja kebanyakan kita sudah kebakaran jenggot.. hehehe..

Ditengah situasi seperti itulah blog ini hadir. blog ini berusaha untuk menjembatani orang-orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan statistik. Untuk lebih mempermudah analisis statistik, maka blog inipun memberikan panduan bagaimana melakukan analisis dengan menggunakan software SPSS.

Untuk lebih membuat blog ini lebih bermanfaat, sumbang saran dari pembaca sekalian sangat penulis harapkan dan kita akan sama-sama belajar... Ayo semangat!! Buat Indonesia melek dengan statistika.

Wassalam
Djunaidi L, Manado


Minggu, 02 Agustus 2009

Darimana Statistika berawal?

Apa yang anda harus lakukan ketika menginginkan memenangkan judi lotere? Mudah saja. Beli semua karcis lotere dan anda dijamin akan mendapatkan hadiah. Akan tetapi, bukan dengan membeli semua karcis itu yang menyebabkan sebagian orang gemar berjudi. Akan tetapi bagaimana memenangkan hadiah dengan membeli satu karcis atau sedikit dari karcis lotere yang dijual.

Permasalahan tentang judi ini menjadi kajian ilmiah setelah pada abad 17 seorang ahli matematika, Chevalier de Mere mengajukan pertanyaan kepada ahli matematika terkenal Blaise Pascal tentang permasalahan ini. Pascal kemudian mengadakan korespondensi dengan ahli matematika perancis Pierre de Fermat. Dari hasil korespondensi inilah maka lahirlah teori peluang.

Dasar-dasar teori peluang yang disusun oleh Pascal dan Fermat kemudian dikembangkan oleh ahli-ahli setelahnya. Sebut saja Thomas Bayes yang mengembangkan teori peluang subyektif berdasarkan kepercayaan seseorang akan terjadinya suatu kejadian. Setelah konsep tentang dasar-dasar peluang dirumuskan, maka dengan cepat ilmu statistika berkembang. Belakangan statistika tidak bisa dipisahkan dari kegiatan ilmiah.

Ada satu hal menarik berkenaan dengan teori peluang. Pernah dikisahkan bahwa ahli filsafat yang terkenal, Rene Descartes, ketika kuliah di Universitas Poiters, adalah orang yang gemar berjudi. Akan tetapi, Descartes lah orang yang banyak memenangkan judi dibanding penjudi yang lain. Hal ini terjadi karena Descartes pandai menghitung peluang.

Saat ini, kita bisa lihat banyak orang menjadi ahli peluang di pinggir jalan. Mereka menguraikan berapa nomor yang akan menang, campuran antara metafisika, astrologi, astral serta 1001 omong kosong (Jujun S, Filsafat Ilmu: 211)



Share

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..