Cari Blog Ini

SELAMAT DATANG SOBAT...

Salam...

Selama ini, statistika sering diidentikkan dengan bidang yang lumayan sulit. Kesulitan dalam mempelajari statistika dikarenakan bidang ini terkait langsung dengan matematika. Bidang ilmu yang ketika mendengar namanya saja kebanyakan kita sudah kebakaran jenggot.. hehehe..

Ditengah situasi seperti itulah blog ini hadir. blog ini berusaha untuk menjembatani orang-orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan statistik. Untuk lebih mempermudah analisis statistik, maka blog inipun memberikan panduan bagaimana melakukan analisis dengan menggunakan software SPSS.

Untuk lebih membuat blog ini lebih bermanfaat, sumbang saran dari pembaca sekalian sangat penulis harapkan dan kita akan sama-sama belajar... Ayo semangat!! Buat Indonesia melek dengan statistika.

Wassalam
Djunaidi L, Manado


Rabu, 14 Januari 2009

Pengujian Normalitas Data dengan One Sample Kolmogorov-Test

Pada postingan terdahulu, kita sudah pernah membahas mengenai pengujian normalitas dengan menggunakan histogram. Nah, pada postingan ini saya akan mendemonstrasikan bagaimana melakukan pengujian normalitas menggunakan teknik pengujian nonparametric one-sample kolmogorov smirnov test. 

Kita akan menggunakan data nilai siswa yang diperoleh dari empat metode mengajar. Data tersebut, telah kita pergunakan pada pengujian analisis varian. Pada postingan ini data nilai tersebut akan kita uji apakah berdistribusi normal atau tidak. Data tersebut kita masukkan ke dalam program SPSS seperti berikut ini:


Langkah-langkah melakukan uji normalitas adalah klik ANALYZE > NONPARAMETRIC TEST > 1-SAMPLE KS hingga muncul kota dialog 1-sample KS.


Masukkan variabel nilai pada kotak TEST VARIABLE LIST serta tandai NORMAL pada TEST DISTRIBUTION. Kemudian klik OK hingga muncul output SPSS untuk 1 KS-TEST.

Hasil pengujian normalitas dapat diketahui berdasarkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed). Nilai sebesar 0,859 berarti lebih besar dari 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa data nilai tersebut berdistribusi normal. Hal ini diperkuat dengan kata-kata dibawah table di atas : Test distribution is Normal.

Share

15 komentar:

Anonim mengatakan...

bapak...saya ingin bertanya..kalo asymp. sig (2-tailed)nya 0.000
tapi di bagian bawah output tsb ada tulisan "test distribution is Normal", apakah itu sdh bisa di bilang data berdistribusi normal?
thx

Anonim mengatakan...

pak tolnng dong dibahas uji bartlet, dan uji kolomogorov smirnov,anderson darling and ryan joiner , kalo bisa ajarin olah data pake minitab pak, sblumnya terima kasih banyak

Ishaq mengatakan...

Bagaimana cara menguji normalitas 2 sampel data hasil belajar pada SPSS, misalnya hasil belajar sebelum dan sesudah memberikan perlakuan stratgei mengajar pada siswa di kelas yang sama.

Anonim mengatakan...

pak, tolong jelasin mengenai uji homogenitas dan uji normalitas. Uji apa yang digunakan n kalo di SPSS gimana caranya. Tolong jelaskan sejelas-jelasnya. Makasi...

Unknown mengatakan...

Maaf pak, mau ngasih masukan, kalimat "Test Distribution is Normal" bukan berarti distribusinya normal. Kalimat itu cuma menjelaskan distribusi yang dibandingkan dengan distribusi pengamatan adalah distribusi normal. Untuk hipotesis normal tidaknya, cuma melihat Z atau p.
Terimakasih.

Djunaidi Lababa mengatakan...

buat mark terima kasih atas masukannya.. juga menjawab pertanyaan nomor 1
buat yang lain insya Allah akan saya posting bagaimana caranya...

natnat mengatakan...

pak.. bgmn cara menguji normalitas 2 sampel, yaitu harga saham 7 hari sebelum dan 7 hr setelah pemecahan saham?? data yg dimasukkan adalah data semua harga saham, atau rata2 dr harga2 saham tsb?? trimakasih.

natnat mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
rizky mengatakan...

pak..saya mau nanya..
uji kolmogorov smirnov ini kan tidak hanya untuk menguji normalitas,tetapi juga bisa menguji apakah suatu populasi data berdistribusi poisson,atau eksponensial juga bisa..
nah yang ingin saya tanyakan, ada tidak batas jumlah data yang digunakan dalam menggunakan uji kolmogorov smirnov? apakah harus minimal 30 data misalnya atau lebih atau kurang?

satu lagi..saya sedang menguji suatu populasi data apakah berdistribusi eksponensial atau tidak..saya menggunakan sample 30 data..ternyata keputusannya tolak Ho karena asympnya < 0.05..kemudian saya coba2 manipulasi dengan menambah jumlah data jadi 60 ternyata asymp malah mendekati 0..lalu saya coba dengan mengurangi data menjadi 15..ternyata asympnya cukup besar yaitu 0.689..menurut bapak ini gimana?

terima kasih..maaf kalo banyak pertanyaan..

Unknown mengatakan...

Bapak saya ingin menanyakan, apakah pengujian Kolmogorov hanya untuk uji non parametrik.
Apakah saya tetap dapat menggunakan Kolmogorov Smirnov meskipun untuk pengujian data parametrik?

Terima kasih

Unknown mengatakan...

Pak saya ingin menanyakan apakah Kolmogorov hanya diperuntukkan data non parametrik.
Saya juga ingin menanyakan apa yang akan terjadi apabila uji kolmogorov tetap digunakan untuk data parametrik.
Terima kasih

http://statistikpendidikanii.blogspot.com mengatakan...

uji KS tidak hanya diperuntukkan untuk data non parametrik. tetapi bisa juga digunakan jika data memenuhi syarat-syarat untuk pengujian parametrik yaitu normal dan homogen.

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Pak maaf saya mau jika, jika data nya tidak normal menggunakan ceklis normal, boleh atau tidak menggunakan ceklis exponential? Mohon responnya pak, karena saya sekarang lagi buat skripsi dan terhalang karena itu pak. Terimakasih sebelumnya.