Cari Blog Ini

SELAMAT DATANG SOBAT...

Salam...

Selama ini, statistika sering diidentikkan dengan bidang yang lumayan sulit. Kesulitan dalam mempelajari statistika dikarenakan bidang ini terkait langsung dengan matematika. Bidang ilmu yang ketika mendengar namanya saja kebanyakan kita sudah kebakaran jenggot.. hehehe..

Ditengah situasi seperti itulah blog ini hadir. blog ini berusaha untuk menjembatani orang-orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan statistik. Untuk lebih mempermudah analisis statistik, maka blog inipun memberikan panduan bagaimana melakukan analisis dengan menggunakan software SPSS.

Untuk lebih membuat blog ini lebih bermanfaat, sumbang saran dari pembaca sekalian sangat penulis harapkan dan kita akan sama-sama belajar... Ayo semangat!! Buat Indonesia melek dengan statistika.

Wassalam
Djunaidi L, Manado


Selasa, 06 Januari 2009

Pengujian Linearitas

Salah satu teknik analisis regresi yang paling sering digunakan adalah regresi linear. regresi linear dapat digunakan apabila asumsi linearitas dapat terpenuhi. Apabila asumsi ini tidak terpenuhi, maka kita tidak dapat menggunakan analisis regresi linear. akan tetapi kita bias menggunakan analisis regresi nonlinear.

Asumsi linearitas adalah asumsi yang akan memastikan apakah data yang kita miliki sesuai dengan garis linear atau tidak. Asumsi ini dapat diketahui dengan mencari nilai deviation from linearity dari uji F linear. untuk mengetahui nilai tersebut, kita akan menggunakan data yang kita miliki pada postingan sebelum ini. 


Masukkan variable science pada kotak Dependent List dan math pada kotak Independent List. Kemudian klik option dan tandai test for linearity. Kemudian klik OK.


pada output SPSS, akan kita dapatkan hasil pengujian yang dirangkum dalam table analisis varian (ANOVA Table) seperti berikut ini:

Jika angka pada Deviation From Linearity lebih besar dari 0,05 ( > 0,05), berarti hubungan antara variable dependen dengan variable independen adalah linear. berdasarkan hasil pengujian terlihat bahwa nilai Sig. untuk Deviation from Linearity sebesar 0,133 yang berarti lebih besar dari 0,05 dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang linear antara variable dependen dan independen. 

Share

13 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih banyak :-)
beneran sangat membantu diriku yang sedang pusing ini hihi

Anonim mengatakan...

terima kasiiihhhh... huhhh.. :)

Anonim mengatakan...

mengapa ya anova table saya tidak kluar.
apadahal saya sdh melakukan syntax yang seharusnya.
apa karna data saya dalam nilai milyaran.
ada cara yang lain ga utk uji linieritas?
trima kasih

Anonim mengatakan...

bila data penelitiab - (minus) gi mana ya.

Anonim mengatakan...

makasih... tapi saya mau tanya, yg benar yang mana ya karen aada pendapat yang berbeda mengenai untuk menguji linearitas. ada yang berpendapat apabila linearity pd tabel anova kurang dari 0,05 itu linier. ada yang berpendapat yang dilihat yang deviation of linearyti. kalau menurut anda yang mana?

peniel's_words mengatakan...

Terima kasih. Sangat membantu. Saya sedang menganalisa data saya dan saya mengalami kesulitan. Bagaimana jika signifikan (p-value) lebih kecil dari alpha 0.05. Apa yang harus dibuat?

yopie wijaya mengatakan...

malam mas, mau tanya penelitian saya dengan jumlah pengamatan 33, dengan 4 variabel, yang saya mau tanyakan kenapa hasil output uji linearitas saya tidak bisa di hitung (dalam kasus saya hasilnya malah tertulis too few cases stas for tobins*roa cant be computed)
apakah solusinya ?
apakah ada metode lain dalam menghitungnya ?
apkah uji ini wajib dalam stastitik ?
terima kasih

yopie wijaya mengatakan...

malam mas, mau tanya penelitian saya dengan jumlah pengamatan 33, dengan 4 variabel, yang saya mau tanyakan kenapa hasil output uji linearitas saya tidak bisa di hitung (dalam kasus saya hasilnya malah tertulis too few cases stas for tobins*roa cant be computed)
apakah solusinya ?
apakah ada metode lain dalam menghitungnya ?
apkah uji ini wajib dalam stastitik ?
terima kasih

yopie wijaya mengatakan...

malam mas, mau tanya penelitian saya dengan jumlah pengamatan 33, dengan 4 variabel, yang saya mau tanyakan kenapa hasil output uji linearitas saya tidak bisa di hitung (dalam kasus saya hasilnya malah tertulis too few cases stas for tobins*roa cant be computed)
apakah solusinya ?
apakah ada metode lain dalam menghitungnya ?
apkah uji ini wajib dalam stastitik ?
terima kasih

Anonim mengatakan...

kak,kemarin skripsi saya ganti 4 alat analisis karena modelnya jelek. habis sem amos, PLS, kanonikal, skrg regresi. uji normalitas tidak normal tapi saya sudah lakukan sesuai dengan petunjuk di artikel kakak yang lain. di transformasi dll. lalu baiknya bagaimana ya kak?

Ika nurhaqiqi noviyana mengatakan...

Mas yopi maaf untuk masalah yg seperti diatas itu solusinya bagaimana ya?

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

SmartPLS3 mengatakan...

Olah Data SPSS, AMOS, LISREL
EVIEWS, SMARTPLS, GRETL, STATA, MINITAB dan DEAP 2.1
WhatsApp : +6285227746673
IG : @olahdatasemarang