Cari Blog Ini

SELAMAT DATANG SOBAT...

Salam...

Selama ini, statistika sering diidentikkan dengan bidang yang lumayan sulit. Kesulitan dalam mempelajari statistika dikarenakan bidang ini terkait langsung dengan matematika. Bidang ilmu yang ketika mendengar namanya saja kebanyakan kita sudah kebakaran jenggot.. hehehe..

Ditengah situasi seperti itulah blog ini hadir. blog ini berusaha untuk menjembatani orang-orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan statistik. Untuk lebih mempermudah analisis statistik, maka blog inipun memberikan panduan bagaimana melakukan analisis dengan menggunakan software SPSS.

Untuk lebih membuat blog ini lebih bermanfaat, sumbang saran dari pembaca sekalian sangat penulis harapkan dan kita akan sama-sama belajar... Ayo semangat!! Buat Indonesia melek dengan statistika.

Wassalam
Djunaidi L, Manado


Senin, 12 Januari 2009

Analisis Faktor Konfirmatori

Pada postingan ini, saya akan memberikan contoh bagaimana prosedur analisis factor eksploratori. Untuk melihat konsep analisis factor, silahkan anda buka di http://statistikpendidikan.wordpress.com. Contoh yang kita gunakan berasal dari tutorial SPSS. Dalam hal ini, kita akan menguji variabel apa saja yang mempengaruhi pilihan responden terhadap sebuah mobil.

Kita menggunakan variabel-variabel tipe mobil (type), harga mobil (price), ukuran mesin(engine size), horsepower, wheelbase, lebar mobil (width), panjang mobil (length), berat curb, kapasitas bahan bakar (fuel capacity) serta efisiensi bahan bakar (fuel efficiency).

Langkah pertama melakukan analisis factor adalah memasukkan variabel-variabel tersebut ke dalam kotak Variables.

Klik descriptive dan pilih initial solution pada Statistics serta KMO and Bartlett’s test of sphrecity dan Anti-image pada correlation matrix dan klik Continue

Klik extraction dan pilih Principal components pada Method, pada Analyze pilih correlation matrix, pada display pilih unrotated factor solution serta scree plot, sedangkan di extract pilih nilai 1 untuk Eigenvalues over serta 25 pada maximum iterations for convergence. Klik continue

Klik rotation hingga terbuka kotak factor analysis: rotation. Pilihlah varimax dan rotated solution. Klik continue

Setelah itu bisa langsung klik OK. Saya tidak akan menjelaskan semua output dari SPSS karena akan membutuhkan hasil yang panjang. Saya hanya menjelaskan hal-hal yang memiliki kaitan dengan hal-hal yang kita diskusikan saat ini. Hasil analisis pertama adalah KMO and Bartlett’s test.

Berdasarkan analisis nilai KMO sebesar 0,833 jauh di atas 0,5 sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan, instrument yang dipergunakan adalah valid. Hal ini di perkuat dengan nilai Sig. Bartlett’s Test of sphericity sebesar 0,000.

Pada anti image matrice perhatikan kolom anti-image correlation. Apabila angka anti-image correlation <>


Share

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Pada postingan ini, saya akan memberikan contoh bagaimana prosedur analisis factor eksploratori

judulnya salah tuh.
menyesatkan

Manotas Sihombing mengatakan...

thnks kak, atas artikelnya, dan ijinkan saya untuk memposting hasil postingan anda diblog saya dengan mencantumkan nama blog anda juga sbgai smbernya

Bagaimana klo kita saling bertukar link tuk saling mendukung kemajuan dunia informasi dan blog kita.

Tq

Bls
http://manajemen-penelitian.blogspot.com/

Anonim mengatakan...

maaf, mau tanya. Apakah untuk analisis faktor dapat dilakukan dengan perhitungan manual, bukan menggunakan software?? terimakasih

Rosnida Zainab mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..