Cari Blog Ini

SELAMAT DATANG SOBAT...

Salam...

Selama ini, statistika sering diidentikkan dengan bidang yang lumayan sulit. Kesulitan dalam mempelajari statistika dikarenakan bidang ini terkait langsung dengan matematika. Bidang ilmu yang ketika mendengar namanya saja kebanyakan kita sudah kebakaran jenggot.. hehehe..

Ditengah situasi seperti itulah blog ini hadir. blog ini berusaha untuk menjembatani orang-orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan statistik. Untuk lebih mempermudah analisis statistik, maka blog inipun memberikan panduan bagaimana melakukan analisis dengan menggunakan software SPSS.

Untuk lebih membuat blog ini lebih bermanfaat, sumbang saran dari pembaca sekalian sangat penulis harapkan dan kita akan sama-sama belajar... Ayo semangat!! Buat Indonesia melek dengan statistika.

Wassalam
Djunaidi L, Manado


Senin, 01 September 2008

Mencari nilai F Statistik

Ada banyak pertanyaan yang berkenaan dengan bagaimana mencari nilai-nilai dari statistik tabel. Beberapa diantara pertanyaan tersebut adalah :

dila "mas,, klo n=64,, 4 variabel bebes,, berapa nilai tabel F dengan signifikasi 0,01? sy belum mengerti cara lihat tabel F,, thx atas bantuan'a"

Dalam pengujian hipotesis, baik menggunakan analisis mean seperti uji t ataupun analisis varian (ANAVA), pengambilan keputusan senantiasa didasarkan pada perbandingan antara nilai statistik hitung dan statistik tabel. Jika penentuan statistik hitung didasarkan pada rumus-rumus tertentu, maka penentuan statistik tabel didasarkan pada tabel yang telah disusun oleh para ahli. Nah, pada postingan kali ini, saya akan sedikit berbagi dengan kawan-kawan bagaimana kita menentukan nilai F tabel karena itu yang paling banyak ditanyakan.
Untuk menentukan nilai statistik tabel, kita akan berhadapan dengan derajad kebebasan (dk). Dalam menentukan nilai F statistik pun kita akan bersentuhan dengan derajad kebebasan. dalam uji t, penentuan derajad kebebasan sangat mudah. Kita tinggal mengurangkan jumlah sampel yang dimiliki dengan 1 (n – 1). Misalnya jumlah sampel kita 60, maka derajad kebebasannya adalah 60 – 1 = 59. Akan tetapi untuk tabel F, kita dihadapkan dengan dua derajad kebebasan yaitu derajad kebebasan pembilang (numerator) yang biasanya berada dibagian atas tabel dan derajad kebebasan penyebut (denuminator) yang biasanya berada disamping kiri tabel. Untuk menentukan berapa numerator dan denuminator, maka kita harus menentukan terlebih dahulu berapa perlakuan yang hendak kita lakukan.
Dalam analisis varian, derajad kebebasan pembilang (numerator) biasa juga disebut derajad kebebasan antar perlakuan yang ditulis dalam notasi matematika sebagai (k - 1). ‘k’ adalah jumlah perlakuan sedangkan derajad kebebasan penyebut biasa disebut derajad kebebasan kekeliruan eksperimen yang ditulis dalam notasi matemetika ∑(ni – 1). Untuk lebih jelas baiklah saya berikan contoh.
Misalnya kita memiliki 15 orang murid yang kita bagi kedalam 3 kelompok masing-masing 5 orang. Dengan demikian, kita akan mendapatkan berapa nilai numerator dan nilai denominator. Nilai numerator adalah k – 1 atau 3 -1 = 2 dan untuk mencari denominator, kita bisa menemukannya dari penjumlahan df setiap kelompok. Dari setiap kelompok kita akan mendapatkan df sebesar 4 yang merupakan jumlah anggota setiap kelompok dikurang satu. Karena ada tiga kelompok, maka jumlahnya adalah 3 x 4 = 12. Dengan demikian, untuk mencari nilai F tabel dengan α = 0,01, yang pertama kita lakukan adalah melihat kolom numerator (pembilang) di bagian atas dan mencari angka 2. Setelah itu lihatlah kolom denominator (penyebut) dibagian kanan dan carilah angka 12. Tariklah garis lurus dari angka 2 dan 12 sampai ketemu disatu titik yang sama. Kita akan menemukan angka 6,93. Itulah nilai F tabel.
Kembali ke pertanyaan di awal, berapa nilai F jika kita memiliki sampel sebanyak 60 (n = 60)? Hal itu tergantung dari berapa perlakuan yang kawan-kawan lakukan. Karena seperti yang disampaikan diatas, jumlah perlakuan akan menentukan derajad kebebasan untuk numerator dan denominator. Share

9 komentar:

Anonim mengatakan...

keren ouey...!
tapi tetep aja gak mudeng

friensdster mengatakan...

saya ingin mencari data tabel F dengan n=42 dan 42..tetapi tidak ada di tabel F bapak...bisakah bpk membantu saya...tlong d krim ke alamat choy_rani@yahoo.co.id


makasih ...

mumtahanah mengatakan...

@friendster : pake excel aj, liat dari fx (function), pilih kategori statistical, trus ikuti j format nya

mumtahanah mengatakan...

dari statistical pilih FINV ya.. trus ikuti formatnya

aank mengatakan...

saya masih bingun iki tentang blognya

sari mengatakan...

berarti denominator = k x (n-1)= 3 x (5-1) = 12
begitu ya pak...

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Sisi mengatakan...

mas saya mau tanya saya mempunyai 2 kelas masing masing jumlahnya 38, terus saya menguji dengan 7 soal esay, cari nyari F tabelnya gmna ?

Chimmy.el mengatakan...

Assalamualaikum kak, saya mau tanya. Jika hasil dari F statistik itu negatif apakah tetap dibaca positif?????? Seperti t statistik juga meskipun hasilnya ada tanda negatif tapi tetap dibaca positif. Terimakasih