Cari Blog Ini

SELAMAT DATANG SOBAT...

Salam...

Selama ini, statistika sering diidentikkan dengan bidang yang lumayan sulit. Kesulitan dalam mempelajari statistika dikarenakan bidang ini terkait langsung dengan matematika. Bidang ilmu yang ketika mendengar namanya saja kebanyakan kita sudah kebakaran jenggot.. hehehe..

Ditengah situasi seperti itulah blog ini hadir. blog ini berusaha untuk menjembatani orang-orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan statistik. Untuk lebih mempermudah analisis statistik, maka blog inipun memberikan panduan bagaimana melakukan analisis dengan menggunakan software SPSS.

Untuk lebih membuat blog ini lebih bermanfaat, sumbang saran dari pembaca sekalian sangat penulis harapkan dan kita akan sama-sama belajar... Ayo semangat!! Buat Indonesia melek dengan statistika.

Wassalam
Djunaidi L, Manado


Sabtu, 29 Agustus 2009

ANALISIS REGRESI BERGANDA




Ada beberapa email yang masuk ke saya yang menanyatakan tentang bagaimana melakukan analisis regresi berganda. Pada postingan-postingan terdahulu kita sudah pernah membahas tentang regresi linier sederhana. Pada regresi ini, kita hanya variabel independen dan variabel dependen satu. Akan tetapi dalam praktek dilapangan terkadang kita memiliki lebih dari satu variabel independen. Nah, bagaimana kita melakukan analisis regresi jika kita memiliki lebih dari satu variabel independen?

Untuk menjawab pertanyaan ini maka regresi yang akan kita pakai adalah regresi ganda. Secara matematis, regresi ganda dirumuskan dengan:


Y = a +b1x1 + b2x2 + … + bKxK + E

 Namun untuk lebih memudahkan perhitungan kita sebaiknya menggunakan software statistik. Jika menggunakan SPSS caranya sebenarnya sama saja dengan cara menghitung regresi linier sederhana. Oleh karena itu, pada postingan ini saya akan menggunakan software MINITAB versi 14.

Misalnya kita ingin meramal berapa berat badan seseorang jika kita memiliki data tentang tinggi badan dan umur. Untuk itu kita akan menggunakan data dari buku Applied Regression Analysis And Other Multivariable Methods karangan David G Kleinbaum dan kawan-kawan. Data tersebut kita masukkan ke dalam MINITAB seperti dibawah ini.




Selanjutanya analisis regresi ganda dilakukan dengan mengklik Stat > Regression > regression hingga muncul jendela Regression berikut ini



Setelah itu arahkan kursan pada kolom Response kemudian pilih berat badan setelah itu pilih Select. Arahkan kursor pada kolom Predictors, kemudian pilih tinggi badan kemudian pilih select. Klik pada umur dan pilih Select sehingga kedua variabel tersebut muncul di kolom Predictors. Setelah selesai, langsung klik OK hingga muncul analisis MINITAB seperti berikut ini.



Hasil analisis dengan MINITAB langsung memberikan persamaan matematis regresi dengan

berat badan = 6.6 + 0.722 tinggi badan + 2.05 umur


pada bagian analisi varian nilai p sebesar 0,001 menjelaskan bahwa pertambahan berat badan dapat dijelaskan dengan variabel tinggi badan serta umur seseorang. Meskipun demikian, kedua variabel ini hanya dapat menjelaskan 78% variabel berat badan seseorang. Hal ini dibuktikan dengan nilai R-sq sebesar 78%. Adapun 22% penyebab berat badan seseorang dijelaskan oleh variabel yang lain.

Share

20 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks bro, lg garap skripi ne,,,,,moga succes

Anonim mengatakan...

pagii..sya mau nanya,..saya sedang menyusun skrpsi dan menggunakan linier berganda..hasil spss saya ada yang excluded variabels..
maksud dari excluded variabels apa ya..
seperti yg dibawah ini

Excluded Variables(b)

model Beta In t sig parsial
1 ROA -9.443(a)-2.344 .257 -.920

a Predictors in the Model: (Constant), NPMR, ROE
b Dependent Variable: MODAL
Sumber: Data Diolah

mohon bantuan nya terimakasih

Djunaidi Lababa mengatakan...

for anonymous:
excluded variable adalah variabel yang dikeluarkan dari analisis. kalo boleh tahu,analisis data anda menggunakan program apa?? dan judulnya apa?

Anonim mengatakan...

program yg saya gunakan spss 12..
regresi berganda..
judul saya anlisis pengaruh rentabiltas terhadap modal sebelum dan sesudah merger
knp ya bs dikeluarkan dari analisis?
apa mungkin karena ada data yg jatuh bgt ya..th 1997 pas krisis..

Anonim mengatakan...

mas,ada contoh data2 yg bisa dibuat latihan ga mas?
saya butuh data regresi sederhana,regresi berganda dan time series,untuk latihan UAS mas..
tolong yaa mas..
minta link,
ato kirim email saja,ke
ferdyansyah_wd@yahoo.co.id
terima kasih banyak mas..

ais_manis mengatakan...

mas kl hasil analisis regresi berganda ku
Y = waktu tempuh kendaraan
X1 = pejalan kaki yang menyeberang
X2 = kendaraan yang parkir di jalan
X3 = kendaraan becak, sepeda
Y = -0,05 + 0,002X1 - 0,04X2 + 0,06X3
nah secara logika kan kl variabel X diatas bila notasinya (+) kan jelas bahwa pertambahan pejalan kaki akan menambah waktu tempuh kendaraan artinya dengan adanya orang berjalan di jalan kendaraan akan jd pelan maka waktu tempuhnya akan bertambah
nah kalo yang notasinya (-) gmn mas seharusnya logikanya kan sama dg yang di atas kok hasilnya bs (-) ya mas yang X2 ku
kirim k email ku ya mas makasih
ais_ceria@yahoo.com

ais_manis mengatakan...

mas kl hasil analisis regresi berganda ku
Y = waktu tempuh kendaraan
X1 = pejalan kaki yang menyeberang
X2 = kendaraan yang parkir di jalan
X3 = kendaraan becak, sepeda
Y = -0,05 + 0,002X1 - 0,04X2 + 0,06X3
nah secara logika kan kl variabel X diatas bila notasinya (+) kan jelas bahwa pertambahan pejalan kaki akan menambah waktu tempuh kendaraan artinya dengan adanya orang berjalan di jalan kendaraan akan jd pelan maka waktu tempuhnya akan bertambah
nah kalo yang notasinya (-) gmn mas seharusnya logikanya kan sama dg yang di atas kok hasilnya bs (-) ya mas yang X2 ku
kirim k email ku ya mas makasih
ais_ceria@yahoo.com

Anonim mengatakan...

Numpang tanya nih..
kl ogut punya 7 variabel independen dan 1 variabel dependen. tp di 7 variabel independen tersebut masing2 ada pertanyaan2 (msh dalam bentuk kuisioner)..
pertanyaan ogut apa caranya sama aja dan gimana cara ngitung nilai pertanyaan2 tersebut untuk dimasukkan ke dalam variabel independen tersebut.
contoh :
variabel independen mobil
trus pertanyaan kuisionernya
interior, power steering, rem dsb..gmn cara hitungnya bos..

thanks,
Tigor Pandjaitan
tigor.pandjaitan@gmail.com

Anonim mengatakan...

kang aplikasinya donwload apa beli? klo download dmn untuk SPSS sama MINITAB nya

tentangcinta mengatakan...

mas saya mau nanya penelitian saya adalah analisis pengaruh pma,pmdn, dan pengeluaran pemerintah terhadap kesempatan kerja.. mau regresi saya bener2 tidak paham? bisa dikasih pencerhan??terimakasih

Anonim mengatakan...

salammmmm....penelitian sy menggunakan analisis ganda...sy sudah mlakukan uji coba instrumen dan hasil akhirnya H0 yang diterima..smntra hipotesis yg diajukan Ha..sy sudah bingung..kira2 ada solusi tdk yach???

Unknown mengatakan...

gimana cara menghitung memakai regresi berganda ini, karna saya memakai 7 variabel.

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum...
Pak boleh saya minta email nya, soalnya saya sering kesulitan dalam mengerjakan rugas-tugas dari dosen saya.

Unknown mengatakan...

saya mau tanya,
saya menguji data skripsi menggunakan analisis linier berganda, tapi nilai sig nya terlalu besar sehingga semua hipotesis ditolak. bagaimana caranya agar nilai sig bisa kurang dari 0.05 dan hipotesis diterima? terimakasih

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Unknown mengatakan...

Mas, saya mau nanya, waktu saya pakai minitab pas penentuan response, kolom yang terbaca hanya kolom c1, itu kenapa yah mas?

Sri Noviyanti Wijaya mengatakan...

Selamat malam, saya mau bertanya jika hasil dr uji reliabilitas ada excluded variabel, itu maksudnya bagimana? Kemudian solusinya bagaimana?
Terimakasih

Unknown mengatakan...

Ass.pak saya mau nnya kan variabel saya 5 trus yg X1 ny kok di tabel exclude variabel pak kok gak nyatu sma 3 variabel independent yg lain di klom coefisien ny pak
Gimana cara ny itu pak ?
Trimakasih pak

Newbie mengatakan...

Sama seperti yg saya alamin mas saya juga mengalami kendala seperti.. jadi bingung kan mau lanjut uji selanjutnya.. tolong admin bantu kami

Unknown mengatakan...

Selamat malam, minta tolong pak, ada masalahku dalam menyusun skripsiku, ketika sy masuk data sy ke dlm SPSS hadil uji t dan uji f nya tdk muncul nilai atau angka, yg ada cuman titik dja (.) Dan ada dataku masuk dlm excluded variables,, 🙏 minta tolong